Diabetes Melitus

diabetes melitusDiabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit tertua yang ada pada manusia, penyakit ini berhubungan dengan kadar glukosa/ kadar gula dalam darah. Diabetes melitus di indonesia dikenal dengan penyakit kencing manis, kata Diabetes melitus sendiri berasal dari bahasa yunani dari kata diabetes yang artinya pancuran dan melitus yang atinya adalah manis, oleh sebab itu di indonesia dikenal dengan penyakit kencing manis.

Penyakit diabetes melitus ini ditandai dengan kadar gula yang menumpuk dalam darah, hal ini terjadi karena hormon insulin dalam darah yang diproduksi organ prankeas tidak mampu menstabilkan gula dalam darah, pedahal fungsi dari insulin adalah mengatur proses metabolisme glukosa dalam darah sehingga kadar nya tidak terlalu tinggi dalam darah.

Diabetes Melitus memiliki 2 jenis tipe yang dibedakan berdasarkan dari fungsi organ pankreas, tipe itu adalah penyakit diabetes melitus tipe 1 dan penyakit diabetes melitus tipe 2.

Diabetes Melitus Tipe 1

Penyebab utama dari Diabetes tipe 1 ini adalah tidak maksimalnya fungsi organ pankreas, kekurangan hormon insulin ketika proses penyerapan makanan kedalam sel-sel tubuh. Fungsi dari hormon insulin disini sebagai penurun kadar gula dalam darah secara alami dengan cara mencegah organ liver (hati) untuk tidak terlalu banyak mengeluarkan zat gula, Hormon ini uga meningkatkan jumlah gula yang dapat disimpan oleh organ liver serta merangsang sesl-sel tubuh agar dapat menyerap secara normal zat gula.

Hormon Insulin adalah faktor yang paling menentukan sekali dalam penyakit diabetes melitus, jikalau hormon insulinnya kurang, maka kadar gula yang diproduksi oleh organ liver akan banyak karena tidak adanya pencegahan hati dalam mengeluarkan gula. Hormon insulin juga dikenal sebagai stabilizer alami tubuh terhadap produksi gula dalam darah.

Diabetes Melitus Tipe 2

Penyebab utama penyakit diabetes melitus tipe 2 adalah kurangnya volume penerima hormon insulin dalam tubuh, yaitu dari sel-sel darahnya. Keadaannya hormon insulin dapat diproduksi secara baik dan cukup, namun tidak didukung dengan volume penerima hormon insulinnya pada sel darah, dan beberapa faktor yang menjadi penyebab sel darah tidak cukup menampung hormon insulin yang diproduksi pankreas seperti :

  • Kurangnya tubuh digunakan untuk bergerak atau jarangnya melakukan aktifitas seperti berolahraga
  • Faktor dari keturunan
  • Kelebihan berat badan (obesitas)

Penderita Penyakit Diabetes mempunyai resiko tinggi, sehingga apabila diketahui gejala diabetes maka segeralah berkonsultasi dengan ahlinya, untuk mendapatkan cara mengatasi diabetes melitus yang tepat dan aman.

Madu Pahit membantu Penyembuhan Diabetes Melitus

Penyakit Diabetes membutuhkan asupan makanan yang membantu dihasilkannya hormon insulin dan juga menormalkan kadar gula dalam darah, makanan atau minuman yang berasa pahit diyakini mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Banyak yang diantara obat herbal diabetes dari bahan alami yang berasa pahit seperti brotowali, sambiloto, sayuran pare dll..

Tahukan anda ada madu dengan kadar glukosa rendah dan berasa pahit ? Madu hitam pahit, jenis madu unik yang berasal dari lebah penghisap nektar bunga yang pahit, sehingga rasanya pahit dan memiliki kandungan alkaloid yang tinggi, bisa membantu penyembuhan diabetes melitus.

 

pesan madu hitam pahit diabetes